Senin, 18 Juli 2011

Menengok Keberhasilan SMAN 1 Juara Lomba Robotik UI 2011

PRESTASI:Guru dan siswa SMAN 1 Kota Sukabumi foto bersama piala yang diraih pada Compfest UI 2011. sri/radarsukabumi

Persiapan Tiga Hari, Kalahkan Binaan UI

Para siswa SMAN 1 Kota Sukabumi terus mengukir prestasi. Kali ini, mereka meraih Juara 1 pada Computer Festival 2011 (Compfest 2011) yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) 2011 di Jakarta. Bagaimana kerja kerasnya?


Siang itu, di lorong yang berderetan dengan ruangan guru SMA Negeri Sukabumi nampak tiga orang siswa bernama M Faizal (XI Aksel /C1), Zaenal Mutaqin (Kelas XII IPA 7) dan Dendi Abdul Rohim (XII IPA 1) tengah sibuk merapikan seragam putih abu yang dikenakannya.

Ketiga siswa ini ternyata baru saja mengukir prestasi yang membanggakan bukan hanya bagi sekolah yang dipimpin Tatang Asep Mukharam ini, namun juga bagi Kota Sukabumi. Salah seorang guru SMAN 1 Kota Sukabumi sekaligus Ketua MGMP Sejarah Kota Sukabumi yang juga Juara 1 Seni Tingkat Provinsi Jabar, Dudung Koswara lantas mengajak ketiga siswa tersebut untuk masuk ke salah satu ruangan tamu yang pada akhirnya wawancara dimulai di halaman yang luas nan hijau. “Kami baru saja menjuarai juara kontes robot di UI, Jakarta,” kata Dudung.

Ditambahkan guru Kimia SMAN 1 Kota Sukabumi, Tantan Hadian mengaku bersyukur, siswa SMAN 1 Kota Sukabumi mengukir prestasi. “Keberhasilan ini berkat kerja keras semua pihak yaitu siswa, guru dan orang tua,” ujar Tantan Hadian yang telah menyelesaikan kuliah S-2 di ITB ini.

Menurutnya, pihak sekolah terus memberikan pendidikan secara total dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan siswa, termasuk mendorong untuk mengikuti berbagai kejuaraan di bidang sains, baik di tingkat nasional maupun internasional. Dalam kompetisi tersebut kontingen SMAN 1 yang meraih juara 1 Robotic Competition Compfest 2011. “Mereka yang memperoleh juara 1 adalah tim ketiga yang kami ikutkan ke ajang tersebut di mana setiap tim terdiri dari 3 siswa,”urainya.

Pria ramah ini menambahkan Computer Festival 2011 merupakan sebuah One Stop IT Event karya mahasiswa/i Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia pada 24-26 Juni di fX Lifestyle X’nter Jakarta, di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, dan di Atamerica Pacific Place. “Jumlah peserta seluruhnya ada 37 tim se-Jabodetabek, Compfest 2011 ini merupakan lomba balap robot line follower. Lomba itu dipilih karena relatif lebih mudah untuk diikuti pelajar sekolah menengah atas dibanding jenis kompetisi robot yang lain,”ujarnya.

Sementara itu, menurut ketiga siswa dari tim SMAN 1 Kota Sukabumi M Faizal (XI Aksel /C1), Zaenal Mutaqin siswa Kelas XII IPA 7 dan Dendi Abdul Rohim (XII IPA 1), untuk meraih Juara 1 Compfest 2011 tersebut mereka hanya menyiapkan waktu tiga hari saja. “Waktunya sangat mepet, beruntung kami dilatih oleh guru-guru yang profesional di sini, maka dengan mudah menguasai materi Robot line follower yang juga disebut line tracker atau line tracer. Di mana robot yang mampu berjalan  mengikuti sebuah lintasan yang berupa garis saat kompetisi,” katanya.

Ia mengatakan, garis tersebut adalah garis berwarna hitam di atas permukaan berwarna putih atau  sebaliknya, ada juga lintasan dengan warna lain yang permukaannya kontras dengan warna garisnya. “Robot kita paling banyak meraih point mengalahkan peserta dari SMK Depok (Juara 2) dan SMAN 1 Bogor (Juara 3). Padahal yang jadi pesaing terberat kita adalah dari SMAN 1 Depok karena mereka dibimbing langsung UI dan SMK Madani yang persiapannya sudah satu tahun sebelum mengikuti lomba. Alhamdulillah kami sangat bersyukur dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dibarengi dengan dukungan banyak pihak sekolah kami mnjadi juara pertama,” pungkasnya.(*)

Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=4987

1 komentar:

  1. eh ada poto gue diatas, hehe..
    lirik blog gue yah.. :D
    zaenalmutaqien.blogspot.com

    BalasHapus