Selasa, 28 Desember 2010

ROMEO, ROBOT PENUH CINTA



Sebuah perusahaan pencipta robot asal Prancis, Aldebaran Robotics membuat robot yang mampu menunjukkan rasa cinta dengan cara mampu mengerjakan berbagai tugas sebagaimana layaknya manusia.

Robot humanoid yang diberi nama Romeo ini dapat mengerjakan tugas keseharian di rumah, seperti membuang sampah, mengambil makanan atau minuman dari lemari es, membuka dan menutup pintu, membereskan rumah, menyiapkan makanan di meja makan, dan merawat orang sakit atau lansia.

Robot dengan tinggi 4,5 kaki ini dilengkapi fitur antarmuka (interface) yang bisa mendeteksi gerakan dan suara manusia. Pada robot yang berbobot 88 pon ini juga dibenamkan sensor pada bagian mata, kaki, dan tulang punggung.

Untuk tahap awal, Aldebaran akan menguji coba robot yang dibanderol dengan harga 250 Euro atau sekitar US$ 327 ribu ini ke rumah sakit dan panti jompo.

Salain robot humanoid Romeo, Aldebaran juga sedang merancang Robovie R3, sebuah robot yang tingginya separuh dari Romeo dan dirancang untuk merawat orang cacat. Ada pula Kompai R&D yang khusus dibuat untuk para orang lanjut usia yang berada di rumah sendirian atau panti jompo.
http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2010/12/28/brk,20101228-302054,id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar