Minggu, 07 September 2014

Semangat 45 Anak Robotik Smansa Mataram pada pameran pendidikan dan OSN 2014


Sejak mulai berdiri pada tanggal 08 Agustus 2008, ekskul Robotik Smansa Mataram baru pertama kalinya mengikuti pameran dalam rangka Pameran Pendidikan dan Kebudayaan Dalam Rangka Olympiade Siswa Nasional(OSN) 2014 yang dipusatkan di Kota Mataram atau tepatnya di taman Sangkareang. Pameran ini dilaksanakan mulai hari haru Jum’at sampai Ahad (5-7/9/2014) dari jam 09.00 – 21.00 WITA.


Pada pameran kali ini ekskul Robotik Smansa Mataram menampilkan  Robot Lego yang dipakai untuk latihan dasar, Simulasi elektronik media pembelajaran bidang fisika dan biologi, kaligrafi Elektronik dan saklar bunga. Sedangkan karya yang lain yang telah dihasilkan tidak dikeluarkan karena keterbatasan tempat pada stand yang di sediakan oleh panitia.

Walaupun stand di tempati kecil namun tidak menyurutkan semangat anak-anak robotik untuk menjaga stand sekaligus menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh pengunjung baik pengunjung umum maupun pengunjung dari siswa SMP/MTs maupun SMA/SMK. Pengunjung yang datang kebanyakan menanyakan tentang prinsip kerja dari komponen sensor yang digunakan pada Robot Lego, sistem kerja dari saklar bunga maupun sistem kerja dari kaligrafi elektronik.

Semangat anak-anak robotik dalam menjaga stand maupun menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh pengunjung tidak di iringi dengan persiapan matang dari pihak sekolah. Hal ini terlihat dari stand yang ditempati yang kelihatan apa adanya tanpa ada banner yang menghiasai ruang stand, daftar pengunjung maupun petugas dari guru SMAN 1 Mataram yang di tugaskan. Bandingkan dengan stand dari sekolah lain yang gurunya kompak menjaga stand maupun mengunjungi stand.
 
Terbersit ada rasa minder dari anak-anak robotik yang menjaga stand melihat stand sekolah kebanggaan mereka  yang kurang meriah yang terkesan original apa adanya. Mulai dari hal yang kecil saja seperti daftar pengunjung yang hingga hari kedua belum di buatkan padahal pengunjung yang masuk ke stand bisa dibilang banyak sampai siswa yang bertugas kewalahan untuk menandatangani lembar tugas dari siswa sekolah lain . hal ini diceritakan sendiri oleh anak-anak robotik sewaktu penulis mengunjungi stand pada hari Sabtu jam 16.15WITA. seperti kata pepatah “tidak ada rotan maka akarpun jadi”, tidak ada daftar pengunjung yang dibuat oleh panitia sekolah maka buku tulis siswapun disulap dijadikan sebagai daftar pengunjung. Hehe


Semoga pada pameran yang akan datang  yang di ikuti oleh SMAN 1 MATARAM bisa mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dan matang agar siswa yang menjaga stand bisa lebih bangga lagi. SMANSA JAYA BERSINARLAH SELALU….  (Alfuad Gapuki pembina ekskul Robotik Smansa Mtr)     
 
 



 
 
 
daftar pengunjung antik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar