Rabu, 24 April 2013

LOMBA ROBOT DI ITS SURABAYA PLUS ALIH TEKNOLOGI ROBOTIKA


“Aku kejar mereka berlari dan aku berlari mereka menghilang”, sebuah ungkapan yang pantas kita jadikan renungan akan betapa jauh tertinggalnya sekolah-sekolah yang ada di daerah Nusa Tenggara Barat akan bidang teknologi Robotika bila dibandingkan dengan sekolah yang ada di Pulau Jawa.


Rasa sedih dan geregetan melihat bagaimana para pelajar mulai tingkat SD, SMP dan SMA yang ada di pulau Jawa sudah mulai diperkenalkan ilmu tentang teknologi Robotika. Hal ini yang penulis sendiri saksikan ketika mendampingi team Robotik Smekti Mtr dari  SMKN 3 Mataram dalam mengikuti Lomba Robotik LINE TRACER ANALOG dalam acara ITS EXPO 2013 di Graha ITS Surabaya Jawa Timur(21-22/4/2013).

Para pelajar dari Nusantara tanpak ikut serta dalam perlombaan Robot tersebut dengan kategori lomba yang bisa di ikuti para peserta adalah lomba Robot Line Tracer Analog dan Roboti Amfibi. Dari Nusa Tenggara Barat(NTB) hanya ada satu team yang ikut lomba yaitu yang berasal dari SMKN 3 Mataram dan baru pertama kali dalam sejarahnya ada peserta lomba yang berasal dari NTB dan mungkin ini adalah awal dari kebangkitan dunia Robotik di NTB.

Keikut sertaan team Robotik Smekti Mtr dalam lomba Robotik di ITS Surabaya ini mempunyai 2 tujuan, yaitu:
1.menambah pengalaman dari peserta dan pendamping tentang perlombaan robot
2.mencari informasi terbaru tentang dunia Robotik dan menyerap ilmu Robotik tersebut agar bisa di terapkan kepada siswa dan sekaligus bisa membuatnya.

Setelah selesai mengikut lomba Robotik di ITS tersebut, alhamdulillah penulis dan team Robotik Smekti Mtr banyak mendapatkan pengalaman dan  ilmu baru serta teknologi baru dari peserta lomba dan dari karya para mahasiswa ITS yang di pamerkan pada acara lomba tersebut. Kini tinggal mengaplikasikannya dalam dunia nyata berupa sebuah karya agar ilmu yang di dapat dari hasil lomba tersebut bisa dinikmati oleh masyarakat Lombok dan NTB. Semoga rencana ini bisa terwujud, Aamiin. (Alfuad Gapuki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar